Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Korut: Uji Coba Rudal adalah Tindakan Bela Diri yang Sah

Kompas.com - 17/05/2017, 06:56 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang diplomat Korea Utara (Korut) mengatakan, uji coba peluncuran rudal yang dilakukan negara itu belum lama ini adalah tindakan bela diri yang sah menurut undang-undang internasional.

Uji coba peluncuran rudal Korut belum lama ini menjadi topik utama diskusi dalam Konferensi PBB mengenai Perlucutan Senjata, Selasa (16/5/2017).

Duta Besar Amerika Serikat Urusan Perlucutan Senjata, Robert Wood, mengatakan uji coba itu harus ditanggapi dengan tindakan oleh semua negara di dunia.

Baca: Korut Akui Tembakkan Rudal Terbaru, Hwasong-12

"Tindak yang menimbulkan ketidakstabilan ini harus ditanggapi semua negara dengan sanksi-sanksi yang lebih keras terhadap rezim Korut,” kata Wood.

“Kita wajib mengenakan dan menegakkan sepenuhnya langkah-langkah hukuman untuk memaksa rezim Kotut berubah haluan. Korut harus mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Wood lagi.

Tetapi, Duta Besar Urusan Perlucutan Senjata Korut Ju Yong Choi tetap bersikukuh. Ia mengatakan, program rudal Korut merupakan langkah sah menanggapi agresi AS.

Baca: Korut Kembali Tembakkan Rudal, Trump Serukan Sanksi Lebih Keras

"Semua langkah militer yang diambil Korut di wilayah dan perairannya sendiri merupakan langkah bela diri yang sah untuk menanggapi ancaman nuklir dan pemerasan oleh AS dan pengikut-pengikutnya. Ini adalah pelaksanaan hak sah untuk mempertahankan diri sesuai dengan undang-undang internasional,” kata Ju.

Dewan Keamanan PBB melakukan pertemuan tertutup pada Selasa (16/5/2017) mengenai uji coba misil Korut, setelah sehari sebelumnya mengecam keras ujicoba peluncuran itu dan mengancam akan memberlakukan sanksi-sanksi baru terkait penolakan secara provokatif dan terang-terangan oleh Korut terhadap seruan sebelumnya untuk mengakhiri semua ujicoba nuklir.

Baca: Dubes AS di PBB: Kim Jong Un Alami Penyakit Jiwa

Dalam pernyataan aklamasi yang didukung China, Dewan Keamanan PBB menyatakan “keprihatinan mendalam” atas uji coba peluncuran rudal terbaru dilakukan Korut pada Minggu (14/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com