Kompas.com - 22/04/2017, 15:00 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Hari ini, 22 April 1945, Perang Dunia II sudah mendekati detik-detik terakhirnya, ketika Tentara Merah Rusia secara praktis sudah mengurung Berlin.

Adolf Hitler, yang berlindung di sebuah bunker bawah tanah untuk pertama kalinya, mengakui kekalahan Jerman lalu memutuskan tetap tinggal di Berlin dan bunuh diri.

Pada akhir 1944, Jerman sudah amat terjepit. Pasukan Sekutu yang dimotori Amerika Serikat dan Inggris mulai bergerak dari arah barat menuju Berlin.

Sementara dari timur, pasukan Rusia yang dipimpin Jenderal Georgy Zhukov dan dimotori pasukan Kossack juga bergerak cepat menuju jantung Jerman.

Baca: Pesawat Telepon Bekas Adolf Hitler Terjual Rp 3,3 Miliar

Upaya terakhir Hitler untuk mencari celah saat menggelar serangan di hutan Ardennes, Belgia yang dikenal sebagai "The Battle of Bulge" pada 16 Desember 1944 tak mampu mematahkan gerak maju sekutu.

Melihat tak ada lagi kemungkinan untuk memenangkan perang dan satu-satunya jalan agar bangsa Jerman selamat adalah menyerah tanpa syarat.

Namun, Hitler memberi perintah terakhirnya yaitu menghancurkan infrastruktur industri agar jangan jatuh ke tangan sekutu.

Menteri Persenjataan Albert Speer diberi tugas berat menjalankan kebijakan bumi hangus tersebut, tetapi diam-diam Speer tak menjalankannya.

Pada 20 April 1945, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-56, untuk terakhir kalinya Hitler keluar dari Fuhrerbunker yang dibangun di bawah tanah.

Di taman Gedung Kanselir yang sudah berantakan, dia memberikan penghargaan Salib Besi kepada sejumlah anak-anak anggota organiasi Remaja Hitler yang memerangi Tentara Merah di batas kota Berlin.

Pada 21 April 1945, Batalion Belorusia Ke-1 pimpinan Jenderal Zhukov berhasil menembus garis depan Jerman yang dipertahankan pasukan Batalion Vistula pimpinan Jenderal Gotthard Heinrici.

Dengan cepat, Tentara Merah bergerak ke batas kota Berlin. Meski demikian Hitler belum mau menyerah dan masih berharap pasukan pimpnan Jenderal Felix Steiner bisa menahan gerak maju Rusia.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.