Kompas.com - 29/03/2017, 12:43 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DAMASKUS, KOMPAS.com - Berbagai pihak di Suriah, negara yang sedang dilanda perang saudara, telah mencapai kesepakatan untuk memungkinkan evakuasi dari empat kawasan yang terkepung secara militer.

Organisasi Pemantau HAM Suriah (SOHR) yang berbasis di London, Inggris, mengatakan warga Foah dan Kefraya, dua desa yang dikuasai pemerintah, akan diangkut keluar dengan bus.

Di pihak lain warga Madaya dan Zabadani, dua kota di pinggiran Damaskus yang dikuasai pemberontak, juga bisa meninggalkan kota, seperti dilaporkan BBC, Rabu (29/3/2017).

Kesepakatan ini dicapai berkat penengahan oleh Iran dan Qatar. Sekitar 60.000 orang tinggal di empat wilayah terkepung itu.

Sebuah gencatan senjata dilaporkan disepakati mulai berlaku Selasa (28/3/2017) untuk membuka jalan bagi evakuasi yang dijadwalkan untuk dimulai dalam waktu satu minggu.

AFP/Getty Para sukarelawan dalam perang saudara di Suriah, yang dikenal dengan nama pasukan Helm Putih, mengeluarkan korban dari reruntuhan masjid yang terkena serangan udara di al-Jina, Aleppo, Kamis (16/3/2017) malam.
Upaya sebelumnya untuk mengevakuasi warga dari Foah dan Kefraya tiga bulan yang lalu digagalkan oleh oposisi, yang membakari bus-bus yang didatangkan untuk mengangkut warga.

Komite Internasional Palang Merah poada Januari lalu, memperingatkan bahwa situasi di daerah terkepung itu “sangat mengerikan”.

Para pegiat mengatakan banyak warga sipil meninggal di sana karena kurangnya makanan dan obat-obatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.