Kompas.com - 13/03/2017, 07:13 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ADDIS ABABA, KOMPAS.com – Sebuah gunung sampah di Koshe, daerah di pinggiran Addis Ababa, ibu kota Ethiopia, longsor dan menewaskan sedikitnya 46 orang dan menyebabkan puluhan orang lagi hilang.

Pihak berwenang Ethiopia, Minggu (12/3/2017), mengatakan, petugas pencari dan penyelamat masih bekerja untuk mencari para korban hilang dan mengevakuasi korban yang telah ditemukan.

Seorang juru bicara kota Addis Ababa mengatakan, sebagian besar korban tewas adalah perempuan dan anak-anak. Saat ini, katanya, sedikitnya ada 46 orang tewas.

Ia juga dan menambahkan, bahwa regu pencari dan penyelamat memperkirakan masih akan menemukan lebih banyak mayat dalam beberapa hari ke depan.

“Jumlah korban tewas sekarang adalah 46 orang. Kami perkirakan jumlah korban masih akan terus bertambah karena sampah yang longsor cakupannya cukup besar,” kata sang juru bicara, Dagmawit Moges kepada Associated Press.

Belum dapat dipastikan apa penyebab utama sehingga terjadi longsor di tempat pembuangan akhir sampah di Koshe itu. Beberapa rumah sederhana dan bangunan dari beton di sekitarnya tertimbun.

Menurut berbagai laporan, gundukan besar sampah di tempat pembuangan Koshe longsor pada Sabtu (11/3/2017) sehingga puluhan rumah dan bagunan lainnya terkubur dan rata dengan tanah.

Ratusan orang berada di lokasi itu setiap hari mengais sampah untuk memunguti berbagai macam benda, sementara yang lainnya tinggal di rumah-rumah gubuk.

Koshe telah menjadi tempat pembuangan sampah utama kota itu selama lebih dari 50 tahun.

Menurut seorang warga, Assefa Teklemahimanot, sekitar 150 orang berada di TPA Koshe ketika longsor terjadi.

Wali kota Addis Ababa, Diriba Kuma, mengatakan 37 orang telah diselamatkan dan menerima perawatan medis. Dagmawit mengatakan, dua orang di antaranya dalam kondisi kritis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.