Kompas.com - 04/09/2016, 22:51 WIB
EditorSandro Gatra

HANGZHOU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berada di barisan terdepan saat sesi foto sebelum seremoni pembukaan KTT G20 yang diselenggarakan di Hangzhou Internasional Expo Center (HIEC), China, Minggu (4/9/2016).

Seperti dikutip Antara, Presiden berdiri nomor dua dari kanan berdampingan dengan Presiden Argentina Mauricio Macri sebelah kanannya dan Enrique Peña Nieto sebelah kirinya

Sedangkan di belakang Presiden berdiri Wakil Perdana Menteri kedua dan Menteri Pertahanan Arab Saudi Wakil Putra Mahkota Muhammad bin Salman Alu Saud dan Perdana Menteri Inggris Theresa May dari 36 kepala negara dan pemerintahan dalam KTT G20 China 2016 ini.

Sementara Presiden Xi Jinping berada di tengah depan bersebelahan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel yang bersebelahan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Usai sesi foto bersama, para kepala negara dan pimpinan pemerintahan itu menuju lantai IV Hangzhou Internasional Expo Center (HIEC) untuk mengikuti seremoni pembukaan KTT G20.

Presiden Xi Jinping, saat membuka KTT G20, menyatakan KTT G20 Hangzhou harus menjadi awal baru bagi pemulihan ekonomi dunia.

Xi mengatakan, ekonomi global menghadapi risiko dan tantangan dan masyarakat internasional memiliki harapan tinggi pada KTT G20.

Menurut Xi, dunia harus membangun sistem koordinasi kebijakan makro-ekonom untuk mengatasi tantangan dan harus menghasilkan momentum pertumbuhan baru.

"Kita harus memperbaiki tata kelola ekonomi global dalam menghadapi tantangan dan memperkuat jaringan keuangan global," kata Xi.

Presiden Xi berharap G20 harus mengambil peran kepemimpinan dalam pembangunan ekonomi dunia.

G20 harus inklusif dan melaksanakan rencana yang sebenarnya bukan membuat janji-janji kosong, menjunjung tinggi semangat kemitraan saat bekerja dalam menghadapi kesulitan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.