Kompas.com - 11/08/2016, 12:52 WIB
EditorErvan Hardoko

TRIPOLI, KOMPAS.com - Pasukan pro-pemerintah Libya mengklaim telah berhasil merebut markas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Sirte pada Rabu (10/8/2016).

"Reda Issa, juru bicara pasukan yang loyal kepada pasukan pemerintah bersatu Libya (GNA), mengatakan, pasukan ISIS masih bertahan di tiga kawasan permukiman di kota pesisir itu dan di sebuah kompleks villa di pesisir.

"Pengumuman dibebaskannya Sirte akan dibuat setelah seluruh kota itu dibebaskan dari ISIS," kata Issa.

Merebut Ouagadougou Center, markas besar ISIS di Sirte, merupakan salah satu tujuan utama pasukan pro-GNA yang selama beberapa pekan terakhir berupaya mengusir ISIS dari Sirte.

ISIS menduduki Sirte sejak Juni tahun lalu mengambil kesempatan di tengah kekacayan yang menyusul ditumbangkannya diktator Moammar Ghadaffy.

Pasukan pro-pemerintah meningkatkan serangan mereka untuk merebut Sirte dalam beberapa hari terakhir dan pekan lalu Pentagon mulai melakukan serangan udara terhadap posisi ISIS sesuai dengan permintaan GNA.

Direbutnya markas ISIS ini menyusul sebuah gerakan maju yang cepat pada Rabu yang membuat pasukan GNA merebut kampus Universitas Sirte yang terletak di sebelah selatan pusat konferensi dan RS Ibn Sina.

Sejauh ini belum diperoleh informasi terkait korban tewas di kedua pihak, tetapi pusat operasi pasukan pro-GNA mengatakan setidaknya 20 orang anggota ISIS tewas dalam perebutan universitas Sirte.

Pasukan pro-pemerintah Libya mulai memasuki kota Sirte pada Juni lalu, tetapi gerak maju mereka dihambat para sniper ISIS, bom bunuh diri dan bom mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.