Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Kontroversi Soal Nominasi Oscar Bagian dari Persoalan Besar di AS

Kompas.com - 28/01/2016, 09:11 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Rabu (27/1/2016), berkomentar soal kontroversi seputar nominasi peraih Oscar tahun ini yang semuanya orang kulit putih. Obama mengatakan, kontroversi tersebut merupakan bagian dari masalah lebih luas yang sedang dihadapi negara adidaya itu.

Dalam dua tahun terakhir, tidak ada aktor atau aktris dari etnis minoritas yang dinominasikan untuk meraih penghargaan Oscar. Hal itu memicu protes dan mendorong Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengumumkan reformasi.

"Saya berpikir bahwa ketika kisah semua orang diceritakan maka hal itu baik buat kesenian," kata Obama kepada sejumlah pembawa ancara televisi daerah.

"Hal itu baik buat dunia hiburan, itu membuat semua orang merasa menjadi bagian dari sebuah keluarga Amerika," katanya, seperti dikutip sebuah media afiliasi ABC.

"Saya berpikir, secara keseluruhan industri itu harus melakukan apa yang setiap industri lainnya lakukan, yaitu mencari bakat, memberikan kesempatan buat semua orang. Dan saya berpikir, perdebatan tentang Oscar benar-benar hanya sebuah ekspresi dari masalah yang lebih luas. Apakah kita bisa memastikan bahwa semua orang mendapatkan perlakuan yang adil?"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com