Kompas.com - 28/01/2016, 05:05 WIB
EditorSandro Gatra

KOMPAS.com - China dan Amerika Serikat menyatakan diperlukan resolusi baru PBB untuk melawan Korea Utara, setelah Pyongyang mengatakan telah berhasil melakukan tes bom hidrogen.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry, yang sedang berada di Beijing untuk berunding, menyatakan ambisi nuklir Korea Utara sebagai sebuah "ancaman terhadap dunia" dan mendesak bagi diterapkannya sanksi baru.

China adalah sekutu utama Korea Utara, tetapi Beijing mengutuk tes nuklir Pyongyang. (baca: Pesawat Pengebom Jarak Jauh AS Pamer Kekuatan di Korea Selatan)

Pada tanggal 6 Januari, gempa berkekuatan 5,1 pada skala Richter terjadi di Korea Utara dan negara tersebut menyatakan telah berhasil melakukan tes bom hidrogen bawah tanah.

Meskipun demikian, ahli nuklir mempertanyakan pernyataan Korea Utara tersebut dengan mengatakan ukuran gempa tidak cukup besar bagi sebuah bom hidrogen.

Ketika berbicara setelah pembicaraan dengan Menlu Cina, Wang Yi, Kerry mengatakan kedua pihak sepakat bagi perlunya "resolusi yang kuat melawan Korea Utara dan menyatakan pembatasan perdagangan barang dan jasa pada perbatasan China dan Korea Utara adalah salah satu langkah yang bisa diambil."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.