Kompas.com - 26/11/2015, 18:24 WIB
EditorFarid Assifa
CARACAS, KOMPAS.com — Seorang kandidat dari partai oposisi di Venezuela ditembak mati saat menggelar kampanye untuk pemilihan anggota legislatif, Kamis (26/11/2015).

"Luiz Manuel Diaz, pemimpin lokal Partai Tindakan Demokratis di Altagrazia de Orituco (negara bagian Guarico), ditembak mati," kata Ketua Umum Partai Tindakan Demokratis Henry Ramos Allup melalui akun Twitter miliknya.

Ramos Allup mengatakan, saat itu Diaz sedang berdiri di samping Lilian Tintori, istri dari pemimpin oposisi Leopoldo Lopez yang dipenjara karena kasus kekerasan dalam unjuk rasa antipemerintah pada 2004 lalu.

Saat korban sedang berkampanye, tiba-tiba dia ditembak pelaku dari dalam mobil. Diduga, pelaku adalah anggota geng bersenjata yang berkaitan dengan partai berkuasa di Venezuela, yakni Partai Sosialis Bersatu.

Dalam sebuah pernyataan, Persatuan Negara Amerika Selatan (Unasur) menyesalkan peristiwa itu. Unasur menolak semua bentuk kekerasan yang bisa memengaruhi perkembangan normal proses pemilihan umum di Venezuela.

Unasur, blok regional yang terdiri dari 12 negara di Amerika Selatan itu, menyerukan untuk penyelidikan atas kasus penembakan tersebut.

Pemilihan umum pada 6 Desember mendatang di Venezuela sangat penting untuk mempertahankan kekuasaan Presiden Nicolas Maduro yang berasal dari Partai Sosialis Bersatu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.