Kompas.com - 21/11/2015, 21:55 WIB
EditorFarid Assifa
TEHRAN, KOMPAS.com - Ribuan pasukan paramiliter dari Pasukan Pengawal Revolusioner Iran yang kuat itu telah mengadakan latihan perang simulasi perebutan Masjid Al Aqsa Yerusalem dari tangan Israel

Media negara Iran melaporkan hari Sabtu (21/11/2015) bahwa pasukan tersebut menyerbu dan “membebaskan” replika masjid tadi dalam latihan.

Mereka mengatakan bahwa 120 brigade dari Basij, satuan paramiliter dari Pengawal Revolusioner, turut dalam latihan hari Jumat di luar kota suci Qom di Iran tengah.

Operasi simbolis itu didukung oleh helikopter Pengawal Revolusioner, pesawat tak berawak, dan pesawat Tucano yang mengebom kedudukan musuh yang tidak sungguhan itu yang didirikan di puncak pegunungan.

Dengan kekeliruan yang umum, pengawal mendirikan replika Masjid Al-Aqsa yang berkubah emas itu bukan masjid di dekatnya.

Foto-foto resmi menunjukkan salah seorang tentara pergi ke puncak kubah dan melambaikan bendera Iran dan bendera berwarna merah, yang melambangkan syuhada.

Kompleks puncak bukit itu, yang suci bagi Yahudi dan Muslim, telah menjadi pangkal kerusuhan berpekan-pekan antara Israel dan Palestina.

Kaum Muslim menyebut tempat itu “Haram al-Sharif,” dan masjid itu adalah tempat paling suci yang ketiga setelah Mekah dan Madinah di Arab Saudi.

Yahudi menghormati tempat tersebut sebagai Bukit Bait Suci – tempat bait-bait yang disebut dalam kitab suci dan tempat paling suci dalam agama Yahudi atau Judaisme.

Babak bentrokan sekarang ini sebagian disebabkan desas-desus bahwa Israel berencana mengambil-alih tempat itu, tuduhan yang telah dibantah keras oleh Israel.

Bentrokan di luar masjid itu pecah bulan September dan dengan cepat menyebar ke seluruh Israel dan ke Tepi Barat dan Gaza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.