Kompas.com - 01/10/2015, 06:31 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com — Seorang hakim di Amerika Serikat membebaskan Arab Saudi dari posisi terdakwa dalam tuntutan hukum keluarga korban serangan 11 September 2011.

Hakim George Daniels menyatakan tak cukup bukti yang bisa mengaitkan negara itu dengan serangan yang menewaskan lebih dari 3.000 orang di New York.

Bukti yang ditolak antara lain tuduhan dari seorang tahanan Amerika bernama Zacarias Moussaoui bahwa seorang pangeran Arab Saudi membantu pembiayaan serangan tersebut.

Moussaoui ditahan beberapa pekan sebelum serangan 11 September karena masalah imigrasi dan berada dalam penjara ketika serangan terjadi. Ia mengambil kursus penerbangan di Minnesota dan secara rutin dikirimi uang oleh afiliasi Al Qaeda.

Saudi menolak tuduhan dari orang yang mereka sebut "penjahat gila" tanpa kredibilitas.

Ini merupakan kali kedua bagi Arab Saudi bebas dari kasus semacam ini. Tuntutan hukum ini diajukan terhadap perusahaan, negara, dan organisasi yang dituduh membantu Al Qaeda dan kelompok teroris lain.

Pengacara kasus ini kerap mengutip laporan Komisi 11 September yang menyebut Arab Saudi merupakan pendana utama Al Qaeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.