Menhan Malaysia Siap Kirim Pasukan untuk Atasi Kabut Asap di Indonesia - Kompas.com

Menhan Malaysia Siap Kirim Pasukan untuk Atasi Kabut Asap di Indonesia

Kompas.com - 30/09/2015, 05:36 WIB
Samsul Said/Reuters Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein

PUTRAJAYA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein menyatakan bahwa negeri jiran siap mengirimkan pasukan ke Indonesia untuk menyelesaikan masalah kabut asap.

“Saya bahkan lebih dari siap dan ingin untuk menolong. Karena secara pribadi sebagai penderita asma, saya sangat menderita akibat asap ini,“ tutur Menteri Hishammuddin. 

Menteri berumur 54 ini menyatakan, Malaysia dapat mengirimkan personel militernya untuk membantu Indonesia memadamkan titik api yang terus menjalar di kawasan Pulau Sumatra dan Kalimantan. Hishamuddin menyatakan, dia akan berkonsultasi juga dengan Pemerintah Singapura, mengenai bantuan apa yang sudah ditawarkan negara itu ke Indonesia.

“Hubungan saya dengan Menhan Ng (Ng Eng Hen) dan Menhan Ryamizard (Ryacudu) sangat dekat. Diperlukan upaya bersama untuk menyelesaikan masalah ini," tuturnya, dikutip dari Malay Mail Online.

Sepupu PM Najib Razak ini menuturkan, jika masalah kabut asap ini tidak segera diselesaikan, hubungan diplomatik antarnegara tetangga ini berpotensi terganggu.

Hishammuddin Hussein sebelumnya dikabarkan jatuh sakit akibat kabut yang hingga kini masih menyelubungi negeri jiran. (Baca juga: Terkena Dampak Kabut Asap, Menhan Malaysia Jatuh Sakit).

"Kabut masih sangat buruk, saya telah kehilangan suara saya dan hidung juga tersumbat," kata Hishamuddin melalui akun Twitter-nya, Minggu (28/9/2015).


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X