Kompas.com - 24/08/2015, 17:24 WIB
EditorErvan Hardoko

ABUJA, KOMPAS.com — Sekelompok orang yang diduga anggota kelompok militan Boko Haram menyergap konvoi kendaraan yang membawa Kepala Staf Angkatan Darat Nigeria. Demikian keterangan Angkatan Darat Nigeria, Senin (24/8/2015).

Juru bicara Angkatan Darat Nigeria mengatakan, penyergapan terjadi sekitar 45 kilometer sebelah timur ibu kota negara bagian Borno, Maiduguri, pada Sabtu (22/8/2015).

Kepala Staf AD Nigeria, Jenderal Tukur Buratai, yang ada di dalam konvoi tersebut, tidak mengalami cedera akibat serangan itu. Namun, satu orang prajurit Nigeria dan lima anggota Boko Haram tewas.

Surat kabar Premium Times melaporkan, saat serangan terjadi, Jenderal Buratai memerintahkan iring-iringan kendaraan berhenti sehingga para tersangka pelaku penyergapan bisa ditangkap hidup-hidup.

Jenderal Buratai menempati jabatan tertinggi AD Nigeria pada Juli lalu setelah Presiden Nigeria Muhammadu Buhari memecat semua petinggi militer karena tidak mampu meredam pemberontakan Boko Haram.

Setelah diangkat, Jenderal Buratai memberi tenggat waktu kepada bawahannya untuk memberangus Boko Haram dalam kurun tiga bulan. Boko Haram mulai angkat senjata untuk mendirikan negara Islam di bagian utara Nigeria sejak 2009.

Namun, selama beberapa bulan terakhir, kelompok tersebut mulai kehilangan wilayahnya lantaran pasukan multinasional yang terdiri dari militer gabungan negara-negara tetangga Nigeria meningkatkan gempuran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.