Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Partai Berkuasa Myanmar Diberhentikan

Kompas.com - 13/08/2015, 18:44 WIB

YANGON, KOMPAS.com - Ketua parlemen Myanmar Shwe Mann diberhentikan sebagai ketua partai Partai Persatuan Pembangunan dan Solidaritas (USDP) yang berkuasa di tengah perebutan kekuasaan di dalam tubuh partai.

Sumber-sumber yang dekat dengan Shwe Mann menuturkan politikus USDP itu dicopot sebagai ketua partai oleh kalangan konservatif yang dekat dengan Presiden Thein Sein dan mantan penguasa militer Than Shwe.

Shwe Mann tidak lagi menjabat sebagai ketua partai. Ia sehat dan berada di rumah sekarang," kata seorang anggota USDP sebagaimana dikutip kantor berita Reuters, Kamis (13/8/2015).

Para pengurus partai yang sedang berada di kantor USDP pada Rabu malam juga tidak bisa meninggalkan tempat itu karena dikepung oleh aparat keamanan.

Peristiwa ini terjadi sekitar tiga bulan sebelum Myanmar dijadwalkan akan menggelar pemilihan umum. Shwe Mann dianggap sebagai sosok yang mungkin akan menjadi kandidat presiden.

Belakangan muncul spekulasi ia sedang menyiapkan pembentukan aliansi dengan oposisi pimpinan Aung San Suu Kyi, yang partainya diperkirakan akan mendapat suara banyak tetapi Suu Kyi sendiri tidak bisa mencalonkan diri sebagai presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com