Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Larang Pemberian Susu Formula di Rumah Sakit

Kompas.com - 12/08/2015, 15:28 WIB
KOMPAS.com — Pemerintah Meksiko melarang penyerahan susu formula secara gratis di rumah sakit sebagai upaya mendorong kaum ibu untuk menyusui bayi mereka.

Para pejabat Kementerian Kesehatan Meksiko mengatakan, susu formula masih tetap tersedia di toko-toko dan bisa diserahkan kepada orangtua atas permintaan dokter.

Namun, susu formula tersebut tidak lagi bisa didapat dengan cuma-cuma.

Meksiko adalah salah satu negara dengan tingkat pemberian air susu ibu terendah di kawasan Amerika Latin. Hanya satu dari tujuh ibu yang memberikan ASI eksklusif selama tujuh bulan pertama.

Catatan itu diakui sejumlah pejabat kesehatan Meksiko menjadi masalah di negara tersebut. Terlebih lagi, jutaan orang yang hidup di bawah garis kemiskinan mengonsumsi air minum yang kotor.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama usia bayi adalah cara paling mumpuni untuk memberi makan bayi.

Baru setelah usia bayi mencapai enam bulan, mereka dapat diberikan makanan tambahan sembari memberi ASI. Pemberian ASI kepada bayi, menurut WHO, dapat dilanjutkan sampai bayi berusia dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com