Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Bela Kebijakan terkait Iran di Depan Kongres

Kompas.com - 24/07/2015, 01:04 WIB

KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, mempertahankan kesepakatan nuklir dengan Iran, menyebutnya sebagai 'satu-satunya pilihan' agar tercapai jalan keluar damai.

Dia mengatakan kepada Dewan Hubungan Luar Negeri Senat AS bahwa, "Kami bertujuan melumpuhkan kemampuan (Iran) untuk membuat senjata nuklir dan kami telah berhasil melakukannya."

Kerry diperkirakan akan menghadapi pertanyaan sulit sementara Kongres mengkaji kesepakatan tersebut dalam beberapa minggu ke depan.

Banyak politikus Republik yang mengatakan persetujuan minggu lalu terlalu mengalah kepada Iran.

Perundingan antara Iran dan enam kekuatan dunia -Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Tiongkok, Rusia, dan Jerman- dimulai tahun 2006.

Mereka menduga Iran berusaha melakukan program senjata nuklir rahasia, tetapi Teheran selalu menegaskan ambisi nuklirnya untuk tujuan damai.

Kerry mengatakan di depan rapat dewan bahwa pemerintah Amerika Serikat datang ke meja perundingan dengan satu tujuan yang jelas, yaitu mengatasi masalah senjata nuklir.

Dia mengatakan tidak ada gunanya memaksa perlucutan seluruh program nuklir Iran karena negara itu telah berpengalaman dalam teknologi nuklir dan memiliki cukup bahan untuk membuat bom nuklir sebanyak 10 sampai 12 buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com