Kompas.com - 12/06/2015, 04:31 WIB
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com — Eleanor Hawkins, wanita Inggris yang ditahan karena berfoto telanjang di Gunung Kinabalu, Malaysia, mengaku telah "bertindak bodoh".

Pengakuan ini disampaikan Timothy, ayah Hawkins, yang juga mengatakan bahwa anaknya "tidak menghormati alam".

Eleanor bersama 10 orang lainnya diketahui berfoto telanjang saat mendaki puncak Kinabalu pada 30 Mei.

Foto ini beredar luas di media sosial, dan intensitas ketidaksenangan warga setempat makin besar setelah gempa terjadi di Sabah pada 5 Juni, yang menewaskan 18 orang, termasuk anak-anak.

Warga dan para pejabat di Sabah mengaitkan gempa berkekuatan 6,0 skala Richter tersebut dengan aksi telanjang para pendaki. Seorang menteri Sabah mengatakan, aksi turis ini membuat marah "para penjaga gunung".

Hawkins bersama tiga turis lain dihadirkan di pengadilan pada hari Rabu (10/6/2015), dan keempatnya tetap berada di tahanan selagi polisi menggelar penyelidkan, seperti disampaikan media di Malaysia.

Ayah Eleanor mengatakan, anaknya baik-baik saja. "Namun, dia juga menyiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk."

Dalam wawancara terpisah dengan surat kabar The Guardian, ia mengatakan masih berharap bahwa sistem hukum di Malaysia akan memberikan keputusan yang terbaik untuk anaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.