Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Telanjang di Kinabalu Mengaku "Bertindak Bodoh"

Kompas.com - 12/06/2015, 04:31 WIB

KOMPAS.com — Eleanor Hawkins, wanita Inggris yang ditahan karena berfoto telanjang di Gunung Kinabalu, Malaysia, mengaku telah "bertindak bodoh".

Pengakuan ini disampaikan Timothy, ayah Hawkins, yang juga mengatakan bahwa anaknya "tidak menghormati alam".

Eleanor bersama 10 orang lainnya diketahui berfoto telanjang saat mendaki puncak Kinabalu pada 30 Mei.

Foto ini beredar luas di media sosial, dan intensitas ketidaksenangan warga setempat makin besar setelah gempa terjadi di Sabah pada 5 Juni, yang menewaskan 18 orang, termasuk anak-anak.

Warga dan para pejabat di Sabah mengaitkan gempa berkekuatan 6,0 skala Richter tersebut dengan aksi telanjang para pendaki. Seorang menteri Sabah mengatakan, aksi turis ini membuat marah "para penjaga gunung".

Hawkins bersama tiga turis lain dihadirkan di pengadilan pada hari Rabu (10/6/2015), dan keempatnya tetap berada di tahanan selagi polisi menggelar penyelidkan, seperti disampaikan media di Malaysia.

Ayah Eleanor mengatakan, anaknya baik-baik saja. "Namun, dia juga menyiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk."

Dalam wawancara terpisah dengan surat kabar The Guardian, ia mengatakan masih berharap bahwa sistem hukum di Malaysia akan memberikan keputusan yang terbaik untuk anaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com