Kompas.com - 21/05/2015, 20:05 WIB
EditorErvan Hardoko
GROZNY, KOMPAS.com - Pernikahan seharusnya menjadi salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup seseorang. Namun, sebuah pernikahan di Grozny, Chechnya justru menampilkan hal yang sebaliknya.

Seorang gadis remaja asal Grozny, Chechnya, Kheda 'Luiza' Gilabiyeva (17), tak kuasa menahan tangis saat dia terpaksa menikah dengan pria yang berusia 30 tahun lebih tua dari dirinya.

Keluarga Kheda terpaksa menyetujui pernikahan putri mereka dengan pria yang merupakan sekutu dekat pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov, setelah diancam akan diculik jika tak mau menikah.

Dari sejumlah foto dan rekaman video yang dirilis, terlihat Kheda, dalam upacara pernikahan itu, berdiri beberapa meter dari suaminya yang ternyata sudah memiliki seorang istri itu.

Berdasarkan sejumlah laporan, dalam upacara pernikahan di Grozny itu Kheda sampai tiga kali ditanya apakah dia bersedia menikahi kepala polisi Nazhud Guchigov yang berusia 47 tahun.

Di hadapan publik Guchigov bersikukuh dia tak pernah memaksa keluarga Kheda untuk menikahkan sang putri dengan dirinya.

Pernikahan Kheda dan Guchigov ini diketahui publik setelah jurnalis investigasi Rusia, Elena Milashina, memuat kisah ini di harian Novaya Gazeta pada April lalu.

Dalam artikel itu, Milashina mengklaim bahwa Guchigov memberi ultimatum kepada orangtua Kheda. Mereka diminta menyerahkan sang putri atau menghadapi konsekuensi yang tak diinginkan.

Meski, Kheda nampaknya tak rela untuk dinikahi, namun pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov agaknya tak memikirkan hal itu. Dia malah memuat foto pernikahan itu di akun instagram-nya dengan dibubuhi kalimat ucapan yang panjang.

"Kawan-kawan yang tercinta! Sebelum pernikahan, Nazhud dan Luiza, dengan dukungan keluarga dan teman-teman, mengunjungi kantor catatan sipil untuk mendaftarkan pernikahan mereka," demikin Kadyrov.

"Selama beberapa hari sejumlah media membengkokkan kenyataan, menggunakan informasi palsu, memasuki kehidupan orang lain dan mulai menuduh banyak orang," tambah Kadyrov.

"Saya berharap Nazhud dan Luiza hidup bahagia, berkecukupan dan memiliki keluarga yang harmonis!" lanjut pemimpin Chechnya itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.