Jokowi Duduk Diapit Xi Jinping dan Shinzo Abe

Kompas.com - 22/04/2015, 10:15 WIB
KOMPAS.com/Sabrina Asril Presiden Joko Widodo duduk diapit Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pembukaan sidang Konferensi Asia Afrika 2015, Rabu (22/4/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com — Dua pemimpin negara Asia, yakni Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, menjadi dua tamu spesial yang duduk mengapit Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Konferensi Asia Afrika 2015 di Jakarta Convention Center, Rabu (22/4/2015) pagi.

Posisi duduk ketiganya menarik lantaran hubungan antara China dan Jepang sedang tegang. Shinzo Abe terlihat lebih dulu duduk di samping Jokowi. Saat keduanya bercakap singkat, sebuah kursi terlihat kosong di samping Jokowi. Tak lama kemudian, Xi Jinping tiba dan langsung duduk di sebelah kanan Jokowi.

Pada deret terdepan, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah terlihat duduk di samping Abe.

Hubungan Jepang dan China menjadi sorotan media dalam pelaksanaan KAA kali ini. Pasalnya, hubungan kedua negara itu tegang dalam beberapa tahun terakhir terkait masalah wilayah dan sejarah.

Hubungan kedua negara itu menjadi buruk karena persengketaan mengenai kepulauan di Laut China Timur. Kepulauan tak berpenghuni tetapi secara strategis penting itu dikenal sebagai Diaoyu oleh China dan Senkaku oleh Jepang, serta dikuasai oleh Jepang, tetapi juga diklaim oleh China. Keputusan Tokyo untuk membeli tiga dari kepulauan itu dari pemilik swasta berkewarganegaraan Jepang pada September 2012 telah menyebabkan memuncaknya pertikaian.

China juga menyatakan bahwa Jepang gagal meminta maaf secara sewajarnya terkait agresi saat Perang Dunia II.

Pertemuan puncak Konferensi Asia Afrika (KAA) dimulai pada Rabu ini. Presiden Jokowi akan menyampaikan pidatonya soal semangat solidaritas antara kawasan Asia dan Afrika. KAA untuk kepala negara dan kepala pemerintahan ini akan berlangsung hingga Kamis besok.


EditorEgidius Patnistik

Terkini Lainnya


Close Ads X