Kompas.com - 21/04/2015, 04:30 WIB
EditorBayu Galih

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat mengirim sebuah kapal induk ke arah perairan Yaman, Senin (20/4/2015). Kapal induk itu akan bergabung kapal Amerika lainnya di wilayah yang saat ini makin memburuk karena konflik.

USS Theodore Roosevelt, yang semula sudah berada di kawasan Teluk untuk meluncurkan serangan terhadap kelompok Negara Islam, saat ini sudah melewati Selat Hormuz menuju Teluk Aden dan wilayah selatan Laut Merah.

Kapal yang bisa digunakan sebagai basis pesawat tempur itu dikawal oleh USS Normandia, kapal penjelajah berpeluru kendali. Angkatan Laut AS mengatakan, 'duet' armada laut itu akan "menjamin jalur pelayaran penting di wilayah ini tetap terbuka dan aman."

Sudah ada sembilan kapal perang milik AS di dekat Yaman. Negara itu menjadi perhatian dunia saat Arab Saudi dan koalisinya melancarkan serangan udara yang menargetkan pemberontak Houthi.

Amerika Serikat mengaku tidak terlibat secara langsung dalam serangan yang dipimpin Saudi. Namun, AS menyediakan dukungan intelijen dan logistik kepada koalisi Saudi.

Juru bicara Pentagon Kolonel Steven Warren membantah laporan bahwa kapal AS mendapat perintah untuk mencegat kapal Iran yang membawa senjata untuk pasukan Houthi.

"Spekulasi itu terlalu prematur," kata seorang pejabat AS kepada AFP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.