Kompas.com - 20/04/2015, 05:03 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un disebut telah mendaki Gunung Paektu, gunung tertinggi di Korea Utara, Minggu (19/4/2015). Sejumlah foto pun memperlihatkan aksi Kim Jong-Un di puncak gunung dengan ketinggian 2.750 meter tersebut.

Dia terlihat berdiri di dataran bersalju, dengan latar belakang matahari yang menyinari Gunung Paektu.

"Mendaki Gunung Paektu menghadirkan pasokan mental yang berharga dan lebih bertenaga dibanding senjata nuklir apa pun," kata Kim Jong-Un, seperti diberitakan harian Rodong yang merupakan koran resmi pemerintah Korea Utara.

Ada pun tujuan dari pendakian ke Gunung Paektu adalah untuk melihat pilot-pilot dari Angkatan Bersenjata Korea yang bertugas di lokasi itu. Karena itu sejumlah foto pun memperlihatkan Kim Jong-Un menyapa para prajurit. Tidak hanya itu, Jong-Un juga tidak segan berfoto bersama prajurit dengan duduk di hamparan salju.

Dilansir dari BBC, ayah Kim Jong-Un, Kim Jong-Il, diklaim Pemerintah Korea Utara lahir di Gunung Paektu. Karena itu keluarga Kim sering mengklaim "mengalir darah Gunung Paektu". Tapi sejarawan banyak yang menyebut bahwa Kim Jong-Il lahir di Rusia, dan bukan di gunung bersalju itu.

Cerita kelahiran Kim Jong-Il itu seperti memperlihatkan upaya menghadirkan mitos mengenai keluarga Kim yang menguasai Korea Utara secara turun-temurun. Apalagi, gunung dengan puncak yang memperlihatkan hamparan perbatasan Korea Utara dengan Tiongkok itu dianggap sakral dalam folklore masyarakat Korea.

Analis pun berpendapat, foto-foto Kim Jong-Un di puncak Gunung Paektu itu seperti ingin memperlihatkan sosoknya yang enerjik dan bersemangat, dan memberi inspirasi bagi rakyat Korea Utara. Karena itu, foto itu pun memperlihatkan Kim Jong-Un berada di tengah prajurit yang mengelilinginya, untuk memperlihatkan kesan kedekatan dengan rakyat.

Seperti apa penampilan Kim Jong-Un? Berikut foto-foto yang diambil KCNA, media milik pemerintah Korea Utara:

KCNA Kim Jong-Un menyapa pilot dan prajurit Korea Utara di puncak Gunung Paektu, Minggu (19/4/2015)
KCNA Kim Jong-Un tak segan duduk di hamparan salju saat berfoto bersama pilot dan prajurit Angkatan Bersenjata Korea Utara di puncak Gunung Paektu, Minggu (19/4/2015)
KCNA Kim Jong-Un di tengah prajurit Korea Utara di puncak Gunung Paektu, Minggu (19/4/2015)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC, KCNA
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.