Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Kerahkan 100 Jet dan 150.000 Serdadu untuk Hadapi Milisi Houthi

Kompas.com - 26/03/2015, 13:00 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi mengerahkan 100 jet tempur, 150.000 serdadu dan sejumlah unit angkatan laut dalam kampanye militer melawan pemberontak Houthi di Yaman. Demikian dilaporkan stasiun televisi Al Arabiya, Kamis (26/3/2015).

Dengan pengerahan pesawat dalam jumlah besar, Angkatan Udara Arab Saudi dengang mudah menguasai wilayah udara Yaman pada Kamis pagi.

Serangan udara yang dilakuan Saudi itu dikabarkan menewaskan beberapa pemimpin senior Houthi termasuk Abdulkhaliq al-Houthi, Yousuf al-Madani, Yousuf al-Fishi. Sementara ketua komite revolusioner Houthi, Mohammed Ali al-Houthi terluka.

Negara-negara sekutu Saudi terutama dari kawasan Teluk, kecuali Oman, juga mengerahkan militernya untuk mengatasi pemberontak Houthi yang didukung Iran agar tidak mencapai kota Aden yang menjadi markas baru Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi, setelah melarikan diri dari Sanaa.

Keputusan negara-negara Teluk untuk mengerahkan mesin-mesin tempur mereka ke Yaman menyusul permintaan Presiden Mansour Hadi. Dalam pernyataan bersama, pemerintah Arab Saudi, UEA, Bahrain, Qatar dan Kuwait memutuskan untuk menghancurkan milisi Houthi, Al-Qaeda dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Negara-negara Teluk juga mengatakan bahwa kudeta Houthi di Yaman memunculkan ancaman besar bagi stabilitas politik di kawasan.

Sementara itu dalam operasi anti-Houthi ini, UEA mengirimkan 30 jet tempur, Bahrain 15, Kuwait 15, Qatar 10 dan Jordania sebanyak 6 jet tempur. Sedangkan Mesir, Pakistan, Jordania dan Sudah sudah menyatakan kesiapan mereka untuk berpartisipasi dalam operasi militer di Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com