Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Guncang 2 Masjid di Yaman, 55 Tewas

Kompas.com - 20/03/2015, 19:05 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Sedikitnya 55 orang tewas sepanjang Jumat (20/3/2015), setelah tiga aksi bom bunuh diri terjadi di sejumlah masjid yang digunakan anggota milisi Syiah Houthi di ibu kota Yaman, Sanaa.

Puluhan orang lainnya terluka dalam aksi bom bunuh diri yang terjadi di masjid Badr di wilayah selatan Sanaa dan masjid Al-Hashahush di Jarraf, wilayah utara ibu kota Yaman itu.

Satu bom meledak di dalam masjid Badr dan langsung diikuti bom lainnya di gerbang masjid saat para umat berlarian menyelamatkan diri.

Serangan itu adalah yang paling mematikan sejak bom mobil yang menewaskan 40 orang dan melukai puluhan orang lainnya di akademi kepolisian Sanaa pada Januari lalu.

Badan keamanan Yaman menuding Al-Qaeda berada di belakang ledakan di Sanaa itu meski pemimpin kelompok militan itu membantah pihaknya mendalangi aksi bom bunuh diri tersebut.

Milisi Syiah Houthi menguasai Sanaa pada September lalu dan sejak saat itu semakin menguatkan kekuasaannya di ibu kota Yaman itu. Namun, upaya Houthi memperluas kekuasaannya ke daerah lain di Yaman mendapat perlawanan sengit dari Al-Qaeda dan sejumlah suku Sunni.

Yaman, yang merupakan garis depan perang antara AS melawan Al-Qaeda, jatuh ke dalam kekacauan politik sejak tergulingnya diktator Ali Abdullah Saleh pada 2012 lewat sebuah perlawanan rakyat.

Pengganti Saleh, Abedrabbo Mansour Hadi belum lama ini lolos dari tahanan rumah di Sanaa dan kabur ke kota Aden untuk mendirikan pemerintahan tandingan di kota itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com