Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan 50 Tahun Terbunuhnya Malcolm X Digelar di Harlem

Kompas.com - 22/02/2015, 14:46 WIB

KOMPAS.com — Sebuah upacara untuk menghormati pemimpin pejuang hak masyarakat sipil kulit hitam Malcolm X digelar di lokasi tempat dia dibunuh 50 tahun yang lalu. Aktivis, politisi, dan aktor berada di antara 300 orang yang hadir dalam acara penghormatan kepada Malcolm X di Harlem.

Dalam acara itu, salah seorang putri Malcolm X menyerukan untuk menilai kembali pemikiran ayahnya yang penting bagi perjuangan hak sipil di Amerika. Ketika dia tewas, pemimpin Muslim ini telah menjadi lebih moderat dalam menyampaikan pesan-pesan tentang separatisme kulit hitam.

Tetapi, sosoknya sebagai seorang pengacara yang bersemangat terhadap persatuan kelompok kulit hitam, kehormatan diri, dan kepercayaan diri. Upacara itu digelar pada Sabtu (21/2/2015) waktu setempat di Pusat Pendidikan dan Tugu Peringatan Malcolm X & Dr Betty Shabazz, yang sebelumnya dikenal dengan Ruang Audubon.

Sebuah cahaya berwarna biro disorotkan ke lantai tepat di mana Malcolm X, yang bernama asli El-Hajj Malik El-Shabazz, tewas ditembak. Peristiwa ini terjadi ketika pria berusia 39 tahun itu bersiap untuk menyapa para pengikutnya.

"Dia hanya seorang laki-laki muda yang memberikan segala yang dia mampu," jelas putrinya, Ilyasah Shabazz.

Keluarga Malcolm X bersikukuh bahwa retorika revolusionernya masih menjadi bagian penting dari perjuangan kesetaraan, yang menyatakan dia seharusnya lebih banyak dikenang dalam sejarah Amerika.

Tiga orang anggota organisasi Bangsa Islam terbukti bersalah dalam kasus pembunuhan Malcolm X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com