Kompas.com - 21/11/2014, 15:57 WIB
EditorErvan Hardoko
AMMAN, KOMPAS.com — Pemerintah Jordania menahan wakil ketua Ikhwanul Muslimin karena mengkritik kebijakan Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) yang memasukkan kelompok itu dan afiliasinya sebagai organisasi teroris.

Zaki Bani Rushaid ditahan pada Kamis (20/11/2014) malam setelah menghadiri rapat di markas kelompok itu di ibu kota Amman. Penangkapan Rushaid adalah penangkapan tokoh politik papan atas pertama di Jordania setelah beberapa tahun.

"Kejaksaan memerintahkan penangkapan Rushaid dengan tuduhan 'merusak hubungan dengan negara sahabat' setelah dia menulis opini yang menyerang perang UEA dalam pemberangusan partai politik Islam," ujar sumber Pemerintah Jordania.

Dalam kolom opini yang dimuat di berbagai situs berita dan media sosial, Rusheid mengatakan, para pemimpin UEA adalah sponsor utama terorisme dan tidak memiliki legitimasi.

"Para pemimpin UEA memainkan peran polisi Amerika di kawasan dan memainkan peran terkotor untuk membantu proyek Zionis serta berada di belakang semua tindakan merusak terhadap Muslim dan aspirasi negara-negara Arab," tulis Rusheid.

Pemerintah Jordania telah lama melakukan tindakan keras terhadap penghinaan atas kerajaan-kerajaan Teluk yang merupakan sekutu politik dan pendukung finansial negeri itu.

Ikhwanul Muslimin adalah musuh utama Pemerintah Jordania di antara kelompok oposisi yang menentang perdamaian Jordania dan Israel. Ikhwanul juga kerap mengecam kebijakan pro-Barat yang dikeluarkan kerajaan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.