Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat Film Australia Butuh 7 Tahun Rekam Kehidupan Platipus

Kompas.com - 11/11/2014, 18:53 WIB

HOBART, KOMPAS.com - Kesabaran pada akhirnya akan berbuah manis. Hal inilah yang dipetik seorang pembuat film asal Tasmania, Australia. Baru-baru ini, ia berhasil mengabadikan sejumlah aktivitas platipus, si hewan pemalu asli Australia, yang jarang terekam.

Max Moller telah berusaha untuk merekam kehidupan spesies ini, dalam sebuah film. Selama tujuh tahun, namun ia hanya memiliki sedikit gambar yang bisa dipakai.

Tapi bulan lalu, saat sedang syuting bersama asistennya di hutan, yang terletak di luar kota Hobart, Tasmania, Max menceritakan bahwa seekor platipus tiba-tiba menghampiri lokasi syutingnya.

“Kami sedang merekam pergerakan platipus di wilayah syuting kami ketika ia melihat sesuatu bergerak di sela-sela rumput. Sempat berpikir itu adalah sejumlah kadal besar, kami sempat tak percaya ketika melihat platipus berjalan di antara satu sungai ke sungai lainnya," ungkap Max.

Setelah mendapat secuil rekaman berdurasi 30 detik dari total tujuh tahun masa syuting, Max dan asistennya, Damon Heather, merasa sangat senang.

“Merekam platipus adalah salah satu pekerjaan terberat yang pernah saya lakukan tapi terkadang keberuntungan bisa saja datang. Dengan kerja bagus dari asisten saya, kami berhasil membuat film berdurasi lima menit tentang hewan ini,” jelas Max.

Hewan pemalu ini terlihat berjalan santai di rerumputan sebelum masuk ke sungai terdekat. Max mengatakan, para ilmuwan dari Museum Sejarah Alam di London telah melihat rekamannya dan ingin mempelajari lebih dalam tentang pergerakan hewan ini.

Tasmania adalah rumah angkat Max setelah meninggalkan Chile lebih dari 10 tahun yang lalu.

“Tasmania adalah tempat dengan gaya hidup, pemandangan dan sejarah alamnya paling indah. Saya menyukainya. Saya sudah bekerja di 52 negara berbeda dan ini adalah satu-satunya tempat yang membuat saya merasa ada di rumah,” tuturnya.

Max menyebut, ia berencana untuk menggunakan rekaman platipus itu sebagai bagian dari sebuah film dokumenter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com