Kompas.com - 03/09/2014, 12:21 WIB
EditorEgidius Patnistik
SYDNEY, KOMPAS.COM — Pemain-pemain besar di bidang bisnis di Australia, seperti Andrew Forrest dan Graeme Tuckwell, ingin agar sesama jutawan di Australia lebih banyak beramal, seperti jutawan di Amerika Serikat.

Forrest dan Tuckwell termasuk jutawan yang sering beramal dalam jumlah besar.

Tuckwell, yang mendirikan perusahaan ETF Securities, tahun lalu memberi sumbangan sebesar 50 juta dollar Australia pada Australian National University.

"Orang hanya akan beramal bila mereka memiliki sebuah proyek atau hal yang sangat mereka dukung dan gemari. Itulah yang terjadi pada kami," katanya.

Sementara itu, Andrew Forrest, pemain besar industri tambang dan pendiri Foretescue Metals, menjadi orang Australia pertama yang bersumpah untuk menyumbangkan kebanyakan hartanya.

Forrest dan Tuckwell berharap bahwa dengan beramal terang-terangan, langkah mereka akan diikuti jutawan-jutawan Australia lainnya. "Saya pernah diberi tahu bahwa sejak kami mengumumkan itu, lebih banyak orang yang juga ikut terang-terangan, dan itu mendorong orang-orang lain untuk turut serta. Itu bagus, tetapi di Australia, jalan masih panjang," ucap Tuckwell.

Forrest bercerita bahwa ia sendiri tergugah setelah melihat tokoh-tokoh seperti Bill Gates dan Warren Buffet dari Amerika dan Allan Myers yang juga dari Australia.

Mark Carnegie, pengusaha yang juga gemar beramal, bercerita bahwa yang menjadi pemicunya adalah anaknya sendiri, yang memiliki keterbatasan. Carnegie meminta agar pajak warisan diterapkan di Australia.

"Saya rasa sudah ada struktur bagus seputar keringanan pajak, tetapi saya juga merasa harus ada penalti terkait pewarisan uang dari satu generasi ke generasi berikutnya," ucapnya.

Lembaga amal Philanthropy Australia memperkirakan bahwa saat ini ada 3 miliar dollar Australia (Rp 28 triliun) yang tersimpan dalam yayasan-yayasan non-pemerintah. Tahun 2011, jumlahnya sekitar 2 miliar dollar Australia. Setidaknya, 5 persen dari jumlah itu disalurkan untuk amal tiap tahunnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.