Kompas.com - 19/05/2014, 21:15 WIB
EditorErvan Hardoko
BRUSSELS, KOMPAS.com — Pemimpin NATO Anders Fogh Rasmussen, Senin (19/5/2014), mengatakan, dia tidak melihat bukti penarikan mundur pasukan Rusia dari perbatasan Ukraina seperti yang disampaikan Presiden Vladimir Putin.

Sebelumnya, Kremlin mengatakan, Putin telah memerintahkan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina mundur setelah selesai melaksanakan latihan militer musim semi.

"Sayangnya, kami belum melihat adanya bukti bahwa Rusia sudah memulai penarikan mundur pasukannya," kata Rasmussen.

Rasmussen menambahkan, kehadiran pasukan Rusia di perbatasan Ukraina telah menimbulkan sebuah situasi keamanan baru di Eropa setelah 20 tahun NATO tak pernah menghadapi ancaman nyata.

"Kini kita melihat Rusia merasa memiliki hak untuk melakukan intervensi, dan itu bukan sekadar kata-kata dan kita harus bisa menyesuaikan diri," tambah dia.

Sebagai respons untuk menghadapi masalah yang lebih berbahaya, Rasmussen mendesak negara-negara anggota NATO menunda pengurangan personel dan memenuhi komitmen untuk menambah anggaran pertahanan.

"NATO akan membawa masalah ini dalam KTT di Inggris, September mendatang," lanjut Rasmussen.

Sebelumnya, Pemerintah Rusia memutuskan untuk mengakhiri latihan militer yang digelar dekat perbatasan Ukraina, hanya beberapa hari menjelang pemilihan presiden Ukraina.

Namun, Kremlin mengatakan, Putin juga menuntut agar pasukan Pemerintah Ukraina yang pro-Barat menghentikan operasi militernya melawan para pemberontak di wilayah timur negeri itu dan menarik mundur pasukannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.