Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Pemilih di Donetsk Ingin Merdeka dari Ukraina

Kompas.com - 12/05/2014, 15:27 WIB

DONETSK, KOMPAS.COM — Sekitar 90 persen pemilih di wilayah Donetsk yang merupakan jantung industri di Ukraina timur memilih untuk mendukung kemerdekaan dari Ukraina dan 10 persen memilih menentang hal itu. Demikian kata seorang pejabat pemilu, Senin (12/5/2014).

Para pemberontak pro-Rusia yang ingin mendeklarasikan kemerdekaan dari Kiev telah mengadakan pemungutan suara pada Minggu kemarin walau langkah mereka ditolak Pemerintah Ukraina dan Barat karena dinilai ilegal.

Masih belum jelas apakah hasil pemungutan suara itu dapat menyebabkan pemisahan diri wilayah itu dari Ukraina.

Para pemberontak pro-Rusia yang menyelenggarakan pemungutan suara itu mengatakan status akhir daerah itu akan dibahas kemudian. Opsinya bisa pemisahan diri atau aneksasi oleh Rusia atau tetap menjadi bagian dari Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin sejauh ini belum mengungkapkan pandangannya terkait soal itu.

Pemerintah pusat Ukraina dan Barat telah mengutuk pemungutan suara itu sebagai hal yang palsu dan merupakan pelanggaran hukum internasional. Kiev dan Barat menuduh Moskwa mengobarkan kerusuhan dalam upaya yang mungkin demi mencaplok wilayah Ukraina, beberapa minggu setelah menganeksasi Crimea.

"Lelucon itu, yang oleh para teroris disebut dengan referendum, tidak akan punya konsekuensi hukum kecuali tanggung jawab pidana untuk para penyelenggaranya," kata penjabat Presiden Ukraina Oleksandr Turchynov dalam sebuah pernyataan Senin.

Selain di Donetsk, hasil sementara juga menunjukkan mayoritas pemilih di Luhansk ingin merdeka dari Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com