Kompas.com - 06/05/2014, 08:16 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KAIRO, KOMPAS.com — Abdel Fattah el-Sisi, bakal calon presiden Mesir yang juga mantan komandan militer Mesir, menyatakan, Ikhwanul Muslimin tak akan ada lagi di negara itu bila dia terpilih menjadi presiden. Dia juga menuduh organisasi itu menggunakan milisi untuk mengacaukan Mesir.

Dalam wawancara yang ditayangkan di televisi terkait kampanye pencalonannya, Senin (5/5/2014), el-Sisi bersumpah akan memulihkan stabilitas, dan membuat perbaikan adalah prioritas yang menjadi janji kampanyenya.

Pernyataan el-Sisi ini merupakan penolakan tegas dan nyata untuk kemungkinan rekonsiliasi politik lewat cara apa pun dengan Ikhwanul Muslimin. Organisasi tersebut merupakan pendukung utama dari Presiden terguling Mesir, Muhammad Mursi, yang digulingkan el-Sisi dengan kekuatan militer pada Juli 2013.

Sejak penggulingan Mursi, el-Sisi menampilkan diri sebagai sosok penyelamat Mesir. Saat ini dia menjadi kandidat terkuat untuk pencalonan presiden Mesir. Pemilu Negeri Piramida ini dijadwalkan berlangsung pada 26-27 Mei 2014.

Lawan terdekat el-Sisi adalah Hamdeen Sabahi, politisi sayap kiri. Dia adalah peraih suara ketiga dalam pemilu terakhir Mesir pada 2012 yang dimenangkan Mursi.

Menurut el-Sisi, Ikhwanul Muslimin adalah organisasi yang berdasarkan arogansi agama. "Struktur pemikiran kelompok ini mengatakan bahwa kita bukan Muslim sejati dan mereka percaya konflik tak terelakkan karena kita tidak percaya," ujar dia. "Ini tidak bekerja untuk pemikiran seperti itu lagi."


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.