Kompas.com - 11/04/2014, 19:37 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China, Jumat (11/4/2014), menunda pengiriman dua ekor panda raksasa ke Malaysia untuk menghormati para penumpang asal China di pesawat Malaysia Airlines yang hilang.

Rencananya kedua panda, Feng Yi dan Fu Wa, akan tiba di  Malaysia pada tanggal 16 April untuk dipinjamkan selama 10 tahun.

Namun Menteri Lingkungan Malaysia, G. Palanivel, mengatakan panda tersebut mungkin baru akan sampai pada akhir Mei, ketika kedua negara memperingati 40 tahun hubungan diplomatik.

"Karena insiden MH370, kedatangan panda-panda ditunda," jelasnya seperti dikutip kantor berita AP.

"Dalam masa-masa yang sulit ini, tampaknya tidak tepat untuk mengatur pengiriman dan kedatangan panda di Malaysia," gambah Palanivel.

Pesawat Malaysia Airlines hilang pada tanggal 8 April dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan membawa 239 penumpang dan awak.

Sekitar 153 penumpangnya adalah warga China dan keluarga mereka berpendapat pemerintah Malaysia tidak kompeten dalam menangani pencarian pesawat dan penjelasan atas hilangnya pesawat tersebut.

Saat ini pemerintah Australia yang memimpin upaya pencarian pesawat dan wilayah pencarian sudah dipersempit di lepas pantai Australia.

Insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines ini juga mempengaruhi kedatangan wisatawan asal China ke Malaysia.

Sebuah media Malaysia yang mengutip Menteri Pariwisata, Nazri Aziz, melaporkan sedikit 30.000 wisatawan China membatalkan rencana perjalanan sejak pesawat itu hilang. Tahun lalu, diperkirakan sekitar 1,6 juta turis China berkunjung ke Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.