Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah Hilang, Seekor Panda Merah!

Kompas.com - 25/06/2013, 02:24 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Seekor panda merah yang terancam punah bernama Rusty dilaporkan hilang dari Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Washington, Amerika Serikat, beberapa pekan setelah dipamerkan, kata pihak kebun binatang, Senin (24/6/2013). Masih belum diketahui apakah hewan tersebut melarikan diri atau dicuri.

Hewan seukuran rakun itu terakhir terlihat pada pukul 18.00 waktu setempat, Minggu (23/6/2013). Rusty tidak ditemukan ada di kandangnya ketika para penjaga kebun binatang hendak memberinya makan pada Senin pagi, tulis pihak kebun binatang dalam laman internetnya.

Juru bicara kebun binatang, Devin Murphy, mengatakan bahwa meskipun panda merah merupakan spesies yang tidak berbahaya, siapa pun yang melihat Rusty tidak disarankan untuk mendekatinya. "Seperti halnya binatang liar lain, jangan mendekatinya," kata Murphy dikutip Reuters.

Habitat alami panda merah adalah pepohonan sehingga pengelola kebun binatang mengimbau warga untuk lebih hati-hati. "Siapa pun yang melihat hewan yang berbulu seperti rubah, memiliki ekor panjang dan tebal, serta wajah yang mirip kucing dan telinga berwarna putih, diimbau untuk melaporkan ke pihak kebun binatang," kata Murphy.

Rusty didatangkan dari Kebun Binatang Lincoln di Nebraska dan akan berusia setahun pada Juli 2013. Dia baru dipamerkan pada bulan ini.

Seperti halnya sepupu mereka, panda yang berukuran besar, panda merah berasal dari China dan hanya memiliki waktu singkat sekali dalam setahun untuk bisa hamil. Jumlah panda merah semakin berkurang hingga hanya ribuan ekor tersisa, seiring hilangnya habitat alami mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com