Kompas.com - 30/03/2014, 00:07 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com - Salah satu agenda Presiden AS Barack Obama dalam kunjungannya ke Arab Saudi adalah bertemu dengan para aktivis hak-hak perempuan negeri itu, Sabtu (29/3/2014).

Salah satu aktivisi perempuan yang ditemui Obama adalah Maha al-Muneef, yang dikenal sebagai seorang aktivis anti-kekerasan dalam rumah tangga. Tahun ini, Maha al-Muneef mendapatkan penghargaan dari Kementerian Luar Negeri AS. Dan Obama yang menyerangkan penghargaan itu kepada Maha.

Maha al-Muneef memulai program nasional keamanan keluarga pada 2005 untuk memerangi KDRT di Arab Saudi. Salah satu yang diperjuangkan Maha dan rekan-rekannya adalah mengakhiri "kekuasaan absolut" para penjaga pria.

Pertemuan Obama dan para aktivis perempuan ini digelar bersamaan dengan aksi para perempuan menentang larangan mengemudikan mobil di Arab Saudi.

Aktivis hak mengemudi Madiha al-Ajroush mengatakan mereka tidak merencanakan aksi itu berbarengan dengan kunjungan Obama. "Kami sudah menentukan tanggal aksi tiap bulan untuk mengejar cita-cita kami," kata Madiha.

Meski bertemu dengan para aktivis perempuan dan didesak organisasi pejuang HAM Amnesti Internasional serta sejumlah anggota senat AS, Obama tidak menyinggung soal HAM dalam kunjungannya ke Arab Saudi.

Kunjungan Obama ke Arab Saudi lebih ditujukan untuk "menenangkan" Raja Abdullah terkait kebijakan AS terkait Suriah dan Iran, yang hubungan AS dan Arab Saudi sedikit menegang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.