Kompas.com - 19/03/2014, 21:46 WIB
EditorErvan Hardoko
SIMFEROPOL, KOMPAS.com — Pasukan pro-Rusia dikabarkan berhasil menangkap seorang komandan AL Ukraina setelah menduduki pangkalannya di Crimea, Rabu (19/3/2014).

Seorang perwakilan militer Rusia, Igor Yeskin, mengatakan bahwa seorang perwira AL Ukraina, Sergiy Gayduk, yang menjadi komandan pangkalan AL Ukraina awal bulan ini setelah pendahulunya membelot ke Crimea, telah ditahan.

"Dia ditahan dan tak bisa pergi ke mana-mana. Dia kini sudah diamankan," kata Yeskin kepada wartawan.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Ukraina di Crimea menambahkan, pasukan pro-Rusia juga menduduki sebuah pos pemeriksaan di dekat basis militer Ukraina di kota Novoozerne di wilayah barat Crimea.

Sementara itu, para prajurit Ukraina yang putus asa, salah satunya menangis, memenuhi pangkalan utama AL Ukraina di kota Laut Hitam, Sevastopol, setelah diserbu ratusan aktivis pro-Kremlin dan pasukan Rusia.

"Kami sementara ini dibubarkan," kata seorang letnan Ukraina yang mengaku bernama Vlad.

"Saya lahir dan besar di sini dan saya sudah melayani negara selama 20 tahun. Ke mana saya akan pergi?" kata Vlad saat bendera Rusia dikerek di pangkalan itu tanpa satu tembakan pun dilepaskan.

Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Ukraina mengirim Menteri Pertahanan Igor Tenyukh dan Wakil PM Vitaly Yarema ke Crimea untuk menggelar mediasi darurat.

Namun, PM Crimea Sergei Aksyonov mengatakan, pemerintahannya akan menolak kehadiran dua pejabat Ukraina itu dan akan meminta mereka meninggalkan Crimea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.