Kompas.com - 06/03/2014, 19:13 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan, Kamis (6/3/2014), mengkritik tembakan artileri Korea Utara yang dilepaskan beberapa menit sebelum sebuah pesawat komersial China yang dikabarkan membawa 202 penumpang melintas di kawasan itu.

Tidak dijelaskan bahaya apa yang disebabkan tembakan artileri tersebut terhadap pesawat milik maskapai China Southern Airlines yang menempuh perjalanan dari Tokyo menuju Shenyang, China.

Namun, Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyebut tindakan itu merupakan ancaman serius karena Pyongyang tidak melaporkan rencana tembakan artileri di kawasan itu kepara otorita penerbangan sipil dunia.

"Pesawat itu terbang di ketinggin 10.000 meter sebentara proyektil yang dilepaskan Korea Utara bisa mencapai ketinggian maksimal 20.000 meter," kata juru bicara Kemenhan Korea Selatan, Kim Min-seok, Kamis (6/3/2014).

Kim menambahkan pesawat China itu melintas sekitar lima menit setelah proyektil Korea Utara jatuh ke laut.

Sementara itu, seorang juru bicara Angkatan Darat Korea Utara yang tak disebutkan identitasnya mengatakan penembakan roket yang dilakukan pada 21 Februari hingga Selasa (4/3/2014) itu merupakan bagian dari sebuah latihan rutin.

Dia menambahkan tidak ada pihak yang terancam bahaya oleh latihan militer Korea Utara ini karena negeri tersebut sudah melakukan langkah-langkah terukur terkait latihan penembakan roket itu.

Sejauh ini tidak diketahui pasti jenis proyektil yang ditembakkan Korea Utara. Namun, para pejabat Korea Selatan yakin serangkaian tembakan itu adalah uji coba sebuah peluncur roket 300 milimeter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.