Kompas.com - 18/02/2014, 14:09 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Tentara nasional Nigeria terkesan sedang patah arang. Padahal, alih-alih menjalankan tugas menumpas kelompok militan Islamis Boko Haram di utara negeri itu, mereka malah getol membandingkan kekurangan diri sendiri.

Menurut warta AP pada Selasa (18/2/2014), pada Jumat silam, pasukan pemerintah itu keteteran menghadapi aksi kelompok yang berniat mendirikan negara Islam di Nigeria tersebut dalam sebuah serangan yang menewaskan 100 orang di sebuah desa. Sementara itu, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan sudah memerintahkan penambahan pasukan mengalahkan kelompok tersebut di timur laut Nigeria.

Menurut Gubernur Negara Bagian Borno Kashim Shettima, kekuatan Boko Haram kini makin meningkat. "Mereka lebih punya nyali besar dan termotivasi. Persenjataan mereka pun lebih mumpuni," kata Shettima.

Hingga Minggu (16/2/2014), jumlah korban tewas di Desa Izge, tak jauh dari perbatasan dengan Kamerun, ada 106 orang. Dalam penyerangan itu, kelompok Boko Haram menembakkan banyak peluru dan bahan peledak. "Mereka juga membakar banyak rumah," kata Shettima.

Analis militer Nigeria mengatakan kalau persebaran Boko Haram kian meluas di seluruh Nigeria. Mereka kini menguasai kawasan pegunungan di Nigeria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.