Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Serang Desa, 27 Tewas dan 300 Rumah Dibakar

Kompas.com - 04/11/2013, 22:28 WIB
MAIDUGURI, KOMPAS.com - Puluhan anggota kelompok militan Boko Haram dengan mengendarai sepeda motor dan truk menyerang sebuah kota di kawasan timur laut Nigeria, menewaskan 27 orang dan membakar 300 rumah. Demikian pejabat setempat, Senin (4/11/2013).

"Orang bersenjata berjumlah sekitar 70 orang menggunakan 15 sepeda motor dan mobil bak terbuka menyerang sebuah desa, Kamis malam pekan lalu," kata Baba Shehu, pejabat pemerintah Bama, lokasi serangan itu.

"Mereka menembak mati 27 orang, melukai 12 orang dan membakar sekitar 300 rumah," tambah Shehu.

Shehu, yang memberikan keterangan di ibu kota negara bagian Borno, Maiduguri, menambahkan orang-orang bersenjata itu juga menghancurka sekitar 40 toko, membunuh ternak, dan mencuri uang sekitar 25.000 dolar AS dari para penduduk Bama.

Pemerintah menuding Boko Haram berada di belakang serangan brutal sepanjang akhir pekan lalu. Serangan lain terjadi di Borno, ketika orang bersenjata menyergap rombongan pengantin di jalan raya Bama-Banki yang menewaskan 30 orang termasuk pengantin pria.

Kabar berbagai serangan di negara bagian Borno, basis terkuat Boko Haram, sulit diperoleh. Sebab, sejak Mei lalu pemerintah Nigeria mematikan jaringan telepon genggam di kawasan itu.

Pada saat itu, Presiden Goodluck Jonathan mencanangkan keadaan darurat di seluruh kawasan timur laut Nigeria dan menggelar operasi militer besar-besaran untuk menghancurkan Boko Haram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com