Kompas.com - 19/12/2013, 17:02 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, alasan membantu Ukraina secara finansial adalah persaudaraan. "Rusia harus membantu Ukraina karena hubungan persaudaraan yang dekat," kata Putin dalam konferensi pers di Moskwa sebagaimana warta AP  pada Kamis (19/12/2013).

Pada Selasa lalu, Rusia dan Ukraina menyepakati bantuan dana talangan 15 miliar dollar AS. Tak cuma itu, Rusia akan menjual gasnya ke Ukraina dengan banderol lebih murah. Harga 1000 meter kubik gas Rusia ke Ukraina 268,5 dollar AS. Harga jual gas sebelumnya adalah 400 dollar AS per 1000 meter kubik.

Lebih lanjut, Vladimir Putin mengatakan bantuan untuk Ukraina membuat pasar Rusia tetap terjaga. "Sementara, kalau Ukraina menanti bantuan dari Uni Eropa, butuh banyak dana dan waktu untuk penyesuaian standard,"kata Putin.

Putin menambahkan, Mokswa tidak menentang andai Ukraina bekerja sama dengan Uni Eropa. "Tapi, Rusia mesti menjaga pasarnya kalau Ukraina membuka perbatasannya untuk barang-barang dari Uni Eropa," demikian Vladimir Putin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.