Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Rusia Kritik Permohonan Garry Kasparov

Kompas.com - 06/11/2013, 17:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mengkritik upaya mantan juara catur dunia Garry Kasparov yang ingin menjadi warga negara Latvia. Menurut warta Reuters pada Rabu (6/11/2013), Kasparov meminta para politisi Latvia menjamin kewarganegaraannya terkait aktivitas politiknya di Rusia.

 


Kasparov, pria berusia 50 tahun itu mengaku mendapat jaminan keamanan untuk bekerja "di Rusia dan di negara mana pun tempat hak-hak sipil ditolak dan norma demokrasi dilecehkan".

Usai menjadi olahragawan, Kasparov masuk dalam dunia politik, menjadi tokoh oposisi. Kini dia hidup di luar negeri.

Menurut Kasparov, ibu kandung anaknya, Vadim, adalah warga negara Latvia. Pada usia 14 tahun, perempuan ini memenangi kejuaraan catur penting di Uni Soviet.

Dalam surat yang ditulisnya di Latvia, Kasparov mengatakan, "Semua rakyat Latvia punya hak untuk mengemukakan opini mereka secara bebas."

Di dalam surat itu, Kasparov menuliskan kalau dirinya ingin mempertahankan kewarganegaraan Rusia sebaik mungkin.

Surat Kasparov dialamatkan pula untuk seluruh partai dan anggota independen di parlemen. Surat itu tidak ditujukan kepada Partai Pusat Harmoni. Informasi ini disampaikan oleh anggota parlemen partai itu, Andrejs Klementjenvs.

Partai Pusat Harmoni meneken perjanjian kerja sama pada 2009 dengan Partai Persatuan Rusia. Adalah Vladimir Putin yang menjadi pendiri Partai Persatuan Rusia.

Sementara itu, Latvia adalah negara independen bekas Uni Soviet. Latvia memproklamasikan kemerdekaan pada 21 Agustus 1991, tak lama setelah Uni Soviet runtuh.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com