Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turkmenistan Lirik Pelabuhan Latvia

Kompas.com - 11/09/2012, 18:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov mengatakan pihaknya melirik pelabuhan Latvia sebagai lokasi strategis bagi pengapalan produksi gasnya menuju Uni Eropa. Berdymukhamedov mengemukakan hal itu dalam kunjungan resmi dua hari sejak Selasa (11/9/2012) ke ibu kota Latvia, Riga.

Dalam kunjungan itu, Berdymukhamedov bertemu dengan Presiden Latvia Andris Berzins. "Saya mendukung pembangunan koridor transportasi meliputi Laut Kaspia dan Laut Baltik melalui Laut Hitam," kata Berdymukhamedov.

Ia juga menambahkan besar kemungkinan, Turmenistan bakal memanfaatkan pelabuhan itu. "Kami menanti proposal nyata juga dari Latvia," katanya di hadapan Presiden Berzins.

Turkmenistan, sesuai catatan auditor asal Inggris Gaffney, Cline, and Associates terbilang penghasil gas alam terbesar kedua. Turkmenistan mengklaim sebagai pemasok terbesar kelima di dunia.

Besok, Berdymukhamedov akan berkunjung ke pelabuhan Riga. Saat ini, pelabuhan itu menjadi pintu masuk ke wilayah Rusia dan Asia Tengah. Pelabuhan Riga juga menjadi pintu gerbang pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menuju Afganistan.

Latvia yang bergabung dengan Uni Eropa pada 2004 tengah menggarap proyek terminal gas alam cair bersama Estonia dan Lithuania, tulis AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com