Kompas.com - 29/10/2013, 23:08 WIB
|
EditorErvan Hardoko
KAMPALA, KOMPAS.com — Istilah "pagar makan tanaman" agaknya berlaku bagi sekitar 40 tentara Uganda yang bertugas di Somalia.

Sedikitnya 40 tentara Uganda yang ditempatkan sebagai pasukan penjaga perdamaian di Somalia ditahan atas tuduhan mencuri bahan bakar dan berbagai peralatan lainnya selama misi internasional tentara penjaga perdamaian Uni Afrika.

Juru bicara militer Uganda, Letkol Panddy Ankunda, Selasa (29/10/2013), sebagaimana dikutip kantor berita AP menyebutkan, 40 tentara itu kini sedang dalam pemeriksaan untuk membuktikan tuduhan yang menjerat mereka.

Di antara mereka yang ditahan dan diperiksa ini termasuk seorang brigadir militer yang pernah menjabat posisi kunci dalam misi penjaga perdamaian Uni Afrika yang dikenal dengan nama AMISOM itu.

Tuduhan aksi korupsi yang serius ini antara lain yang membuat upaya pasukan Uni Afrika pimpinan Uganda ini menjadi terbatas dalam misi mereka menjaga perdamaian di Somalia. Misi ini juga menjaga jangan sampai kelompok Al Qaeda yang militan menguasai Somalia.

Tentara Uganda yang dikenai tuduhan ini mengatakan, mereka melakukan ini karena awalnya mereka mengira bekerja dalam misi perdamaian di Somalia akan memberikan penghasilan lebih baik dari yang mereka peroleh selama ini.

Angelo Izama, analis Uganda yang pernah memimpin kelompok pemikir masalah-masalah keamanan regional, mengatakan, sejumlah tentara Uganda melihat penunjukan mereka ikut dalam misi tentara penjaga perdamaian di Somalia itu sebagai "ekspedisi untuk menambah pendapatan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.