Kompas.com - 25/10/2013, 18:16 WIB
EditorErvan Hardoko
NAIROBI, KOMPAS.com - Pemerintah Kenya, Jumat (25/10/2013), mengatakan kamp-kamp pengungsi Somalia telah menjadi tempat perlindungan para anggota militan Islam. Sehingga, pemerintah Kenya berencana untuk segera memulangkan ribuan pengungsi Somalia ke kampung halamannya.

"Selama bertahun-tahun Kenya menampung komunitas pengungsi terbesar di dunia. Kami kini menampung setidaknya 600.000 orang pengungsi," kata Menteri Dalam Negeri Joseph Ole Lenku.

"Awalnya kami menyambut mereka dengan tangan terbuka, karena mereka pergi dari negaranya karena rasa tidak aman di Somalia," tambah dia.

Namun, lanjut Lenku, sejumlah pengungsi menyalahgunakan keramahan dan kebaikan Kenya selama ini.

"Mereka merencanakan dan meluncurkan serangan teror dari kamp-kamp pengungsi. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlangsung lebih lama," Lenku menegaskan.

Setelah tragedi Westgate, para pejabat Kenya menuding kamp pengungsi Daadab yang menampung 400.000 orang, menjadi lokasi pelatihan para ektremis Somalia. Meski demikian, Lenku menegaskan pemerintah Kenya tidak akan langsung menutup kamp pengungsi Daadab.

"Kini pemerintah Kenya bekerja sama dengan pemerintah Somalia dan UNHCR untuk memastikan proses repatriasi pengungsi berjalan lancar dan manusiawi," lanjut dia.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Kenya menambahkan telah memecat 15 orang petugas imigrasi karena memberikan dokumen identitas Kenya untuk imigran ilegal. Sebuah tindakan yang dianggap membahayakan keamanan nasional.

Pemecatan para petugas imigrasi itu adalah bagian dari pembersihan di tubuh layanan imigrasi. Selain itu pemerintah Kenya juga akan melakukan audit semua kartu identitas dan paspor yang diterbitkan dalam dua tahun terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.