Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2013, 08:41 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW YORK, KOMPAS.com — Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, di hadapan sidang umum PBB, Selasa (1/10/2013), menyatakan, Israel siap beraksi sendiri untuk menghentikan Iran membuat senjata nuklir.

"Israel tak akan membiarkan Iran memiliki senjata nuklir. Jika Israel terpaksa melakukannya sendiri, maka Israel akan melakukannya," kata Netanyahu.

Dia menambahkan, Presiden Iran Hassan Rohani tidak bisa dipercaya. Netanyahu menegaskan, satu-satunya cara menghentikan pembangunan senjata nuklir Iran adalah menggabungkan sanksi berat dan ancaman serangan militer yang nyata.

"Saya harap saya bisa memercayai Rohani. Sayangnya, saya tidak bisa," tambah Netanyahu.

Masa depan Israel sebagai sebuah bangsa, kata Netanyahu, terancam jika Iran memiliki senjata nuklir. Sebab, negeri itu sangat bernafsu untuk menghancurkan Israel.

"Iran ingin mempercepat pembangunan senjata nuklir, sebelum komunitas internasional bisa mendeteksi dan mencegahnya," tambah dia.

"Jika Iran memiliki senjata nuklir di Timur Tengah, maka negeri itu tidak akan menjadi Korea Utara. Negeri itu akan menjadi 50 kali Korea Utara," lanjut Netanyahu.

Tak berhenti sampai di situ, Netanyahu menuding Rohani adalah otak dari strategi program nuklir Iran. Dan, masih kata Netanyahu, Rohani tak berbeda dengan pendahulunya, Mahmoud Ahmadinejad.

Pidato Netanyahu ini langsung mendapat tanggapan dari delegasi Iran. Segera setelah Perdana Menteri Israel itu selesai berpidato, seorang deputi Dubes Iran kepada sidang umum PBB mengatakan, pernyataan Netanyahu itu sangat provokatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber ,AP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.