Kompas.com - 30/09/2013, 10:35 WIB
EditorErvan Hardoko
MIRANSHAH, KOMPAS.com - Sebuah serangan pesawat terbang tanpa awak menyerang sebuah perlindungan kelompok militan, Senin (30/9/2013) di dekat perbatasan Afganistan-Pakistan, menewaskan tiga orang.

Serangan itu terjadi di kawasan Boya, kota Miranshah, Waziristan Utara. Demikian seorang pejabat keamanan  Pakistan.

"Drone AS menembakkan dua rudal ke sebuah persembunyian militan, menewaskan tiga orang," kata pejabat yang enggan disebutkan namanya itu.

Aparat keamanan sejauh ini belum mendapatkan informasi soal identitas para korban tewas. Namun, Boya diyakini sebagai basis kelompok Hafiz Gil Bahadur dan sejumlah militan lokal.

Gil Bahadur adalah seorang panglima militer lokal yang bersekutu dengan Taliban Afganistan memerangi pasukan koalisi pimpinan As di wilayah Afganistan.

Serangan ini merupakan yang kedua dalam 24 jam terakhir. Dalam serangan sebelumnya, Minggu (29/9/2013), setidaknya tiga anggota militan juga dikabarkan tewas di Dragamandi, Waziristan Utara, yang merupakan basis terkuat Taliban dan Al-Qaeda.

Serangan drone AS sangat dibenci sebagian besar warga Pakistan. Namun, Washington menilai drone adalah alat paling efektif untuk memerangi militan di kawasan tak berhukum di dekat perbatasan Afganistan.

Pemerintah Pakistan berulang kali memprotes serangan drone yang dinilai sebagai pelanggaran atas kedaulatan Pakistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.