Kompas.com - 17/09/2013, 17:02 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia, Selasa (17/9/2013), mengatakan, 15 orang anggota angkatan laut harus dirawat di rumah sakit setelah sebuah kapal selam bertenaga nuklir yang tengah dalam perbaikan terbakar.

Komite Investigasi Rusia, yang bertugas menyelidiki kejahatan besar di negeri itu, mengatakan, telah memulai penyelidikan terkait terbakarnya kapal selam Tomsk di galangan kapal Bolshoi Kamen di Rusia Timur Jauh.

"Akibat kebakaran itu, Tomsk kehilangan sebagian karakteristik fungsionalnya," kata penyidik tanpa merinci lebih lanjut soal kerusakan kapal selam itu.

"Kondisi ke-15 pelaut itu tak terlalu baik dan kini masih dalam perawatan di rumah sakit militer," tambah penyidik juga tanpa merinci luka yang diderita para pelaut itu.

Laporan awal terkait terbakarnya Tomsk yang muncul pada Senin (16/9/2013) tidak menyebutkan jatuhnya korban atau kerusakan kapal.

Kebakaran itu terjadi di tengah proses pengelasan. Namun, dalam laporan sebelumnya disebutkan api yang muncul hanya menimbulkan asap tebal dan bukan kobaran api.

Pemerintah menegaskan saat kebakaran terjadi, reaktor nuklir Tomsk sudah dimatikan sehingga dipastikan tidak ada kebocoran radiasi.

Usia kapal-kapal selam nuklir Rusia yang semakin tua sudah sejak lama memicu kekhawatiran terkait masalah keselamatan.

Pada Desember 2011, kapal selam kelas Delta IV Yekaterinburg terbakar hebat di tengah proses pelapisan karet dan mengakibatkan sembilan pelaut terluka.

Laporan menyebut, saat terbakar, Yekaterinburg masih mengangkut sejumlah rudal balistik jarak jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.