Kompas.com - 15/09/2013, 12:18 WIB
EditorEgidius Patnistik
Negara bagian Colorado di Amerika Serikat melanjutkan operasi penyelamatan berskala besar setelah banjir hebat menewaskan empat orang dan ratusan lainnya hilang.

Ribuan orang dipaksa untuk meninggalkan rumah tinggal yang berada di wilayah terdampak.

Regu penyelamat juga diberangkatkan untuk memberikan pasokan makanan dan air minum selagi warga menunggu untuk dievakuasi.

Walau ketinggian banjir sudah mulai berkurang, hujan diperkirakan akan datang lagi dan otoritas setempat memperingatkan akan kemungkinan terjadinya banjir susulan.

Seorang juru bicara mengatakan, 200 orang masih hilang, tetapi mengatakan beberapa dari mereka mungkin hanya kehilangan kontak dengan keluarga dan kerabat, atau masih menunggu diselamatkan.

Akses jalan rusak

Namun, Sheriff Boulder County, Joe Pelle, mengatakan, pihaknya "beranggapan bahwa mungkin akan ada korban tewas atau korban luka lanjutan".

"Saya berharap dan berdoa itu tidak ada korban lagi, tetapi melihat kehancurannya, ada kemungkinan kuat itu terjadi," kata Pelle.

Pelle mengatakan, layanan darurat tidak bisa menjangkau warga di beberapa wilayah karena akses jalan sudah rusak.

Regu penyelamat menggunakan helikopter untuk mengangkat orang-orang yang terdampar di desa pegunungan di Jamestown, kata wartawan BBC Alastair Leithead melaporkan dari Los Angeles.

Mereka juga menggunakan truk besar untuk melewati banjir di kota Lyons untuk memberikan makanan dan air minum bagi mereka yang tidak bisa keluar dari lokasi.

Hujan lebat berhari-hari telah menyebabkan kerusakan parah pada perumahan dan memaksa tim penyelamatan yang berjumlah lebih dari 2.500 orang turun ke lokasi.

Sementara itu, Presiden Barack Obama telah menandatangani perintah darurat menyetujui bantuan bencana federal untuk wilayah Boulder County.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.