Kompas.com - 13/09/2013, 15:57 WIB
EditorEgidius Patnistik
SEOUL, KOMPAS.COM — Jaksa Agung Korea Selatan mengundurkan diri Kamis (13/9/2013) setelah hanya lima bulan menjabat. Pengunduran diri itu menyusul tuduhan bahwa dia punya seorang anak dari hasil hubungan di luar nikah.

"Hari ini, saya melepaskan diri dari tanggung jawab berat Jaksa Agung," kata Chae Dong-wook dalam sebuah pernyataan.

Dia tetap membantah tuduhan terhadap dirinya dan mengatakan dia akan mengajukan gugatan pencemaran nama baik terhadap sebuah koran yang terbit minggu lalu. Chosun Ilbo, harian beroplah terbesar di negara itu, Jumat lalu, menerbitkan sebuah artikel yang melaporkan bahwa  Chae Dong-wook menjadi ayah seorang anak yang lahir tahun 2002. Anak itu merupakan hasil hubungan di luar nikah Chae dengan seorang perempuan yang ia temui tahun 1999.

Pengunduran diri tersebut terjadi beberapa jam setelah Menteri Kehakiman Korea Selatan, Hwang Kyo-ahn, memerintahkan penyelidikan atas kasus tersebut.

Partai-partai oposisi telah menyatakan tuduhan itu direkayasa partai konservatif yang berkuasa, setelah Chae meloloskan tuduhan yang diajukan terhadap mantan kepala badan dinas rahasia  nasional dan mantan kepala polisi Seoul. Kedua orang itu terlibat dalam sebuah skandal melibatkan badan dinas rahasia yang ikut campur dalam pemilihan presiden tahun lalu.

"Kami mencatat fakta bahwa desakan pemecatan Chae muncul dari lingkaran penguasa ketika dua terdakwa didakwa dengan tuduhan melanggar undang-undang pemilu," kata Partai Demokrat yang merupakan oposisi utama dalam sebuah pernyataan setelah Chae mengundurkan diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.