Kompas.com - 23/08/2013, 08:22 WIB
EditorEgidius Patnistik
CANBERRA, KOMPAS.com — Pemimpin Partai Liberal Australia, Tony Abbott, mengumumkan partainya tidak lagi menerima donasi dari perusahaan rokok, sejalan dengan rencana pemerintahan Partai Buruh yang akan melarang semua parpol di Australia menerima sumbangan serupa.

Pernyataan Abbott itu disampaikan ketika mengumumkan rencana kebijakan bidang kesehatan yang akan dijalankan jika terpilih dalam pemilu 7 September mendatang.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, mengatakan, jika terpilih kembali, pemerintahannya akan mengeluarkan peraturan yang melarang parpol di Australia menerima donasi dari perusahaan rokok.

Partai Buruh sudah menolak donasi serupa sejak tahun 2004 ketika masih dipimpin Mark Latham.

Menurut data komisi pemilu Australia, AEC, perusahaan rokok Philip Morris dan British American Tobacco mendonasikan dana 8.000 dollar ke Partai Liberal tahun 2011 dan 2012.

Abbott sebelumnya membela donasi seperti itu dan menyebutnya tidak akan memengaruhi kebijakan yang akan diambil.

"Waktu menjadi menteri kesehatan, saya yang menyetujui gambar peringatan kesehatan yang ada di bungkus-bungkus rokok. Di bawah pemerintahan Howard, jumlah perokok menurun sebesar 20 persen," jelasnya.

"Saya telah perintahkan Partai Liberal untuk tidak lagi menerima dana dari perusahaan rokok, dan sejalan dengan itu, saya kira Kevin Rudd seharusnya mengembalikan juga dana perjalanan yang diterimanya dari perusahaan pembuat mesin rokok Jerman," tegas Abbott.

Tahun lalu Kevin Rudd ke Jerman menghadiri konferensi dan disponsori Korber Foundation, perusahaan pembuat mesin rokok. Sejak itu, ia mengaku tidak tahu-menahu bahwa perjalanannya dibiayai perusahaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.