Kompas.com - 28/07/2013, 19:26 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

KAIRO, KOMPAS.com
- Para pendukung Presiden Mesir terguling, Muhammad Mursi, berjanji  untuk terus melakukan protes, setelah sehari sebelumnya terjadi bentrokan berdarah di Kairo dan menewaskan sedikitnya 72 orang.

Sementara itu, kekerasan sporadis terus terjadi, termasuk di Terusan Suez kota Port Said.
Kekerasan yang terjadi pada Sabtu kemarin mengundang kecaman internasional dan domestik, termasuk dari Washington, yang selama ini jadi pendukung utama dari tentara Mesir.

Terkait dengan bentrokan berdarah yang terjadi di dekat masjid Rabaa al-Adawiya atau lokasi loyalis Mursi berkemah selama berminggu-minggu, Menteri Dalam Negeri Mesir berjanji untuk segera membubarkan aksi itu. Namun, peringatan tersebut tampaknya tidak digubris.

Juru bicara Ikhwanul Muslimin, Gehad El-Haddad, mengatakan demonstran sangat marah atas kekerasan yang terjadi kemarin.

"Ada perasaan penderitaan dan kemarahan, tetapi juga perasaan yang sangat kuat determinasi. Kelompok kami merasa tertantang," katanya kepada AFP, Minggu (28/7/2013).

Kekerasan Sabtu dini hari adalah insiden paling berdarah sejak Mursi turun pada 3 Juli lalu, menyusul demonstrasi besar yang menentang pemerintahannya. Kementerian Kesehatan Mesir mengatakan 72 orang tewas di Kairo pada hari Sabtu, bersama dengan sembilan orang lainnya di Kota Alexandria.

Menteri Dalam Negeri Mohammed Ibrahim juga memperingatkan pada hari Sabtu bahwa demonstrasi pro-Morsi akan dibubarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.