Kompas.com - 25/07/2013, 21:02 WIB
EditorErvan Hardoko
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.comPaus Fransiskus akan mengunjungi kawasan kumuh kota Rio de Janeiro, Kamis (25/7/2013) waktu setempat, sebagai bagian dari kunjungannya ke negeri dengan penduduk Katolik terbesar di dunia.

Kunjungan ke kawasan kumuh Rio itu menyusul pernyataan Paus yang mengecam masalah obat-obatan terlarang yang mengungkung Amerika Selatan. Paus juga menolak rencana para pemimpin regional Amerika Selatan untuk melegalkan penjualan obat bius.

Kunjungannya ke kawasan kumuh Varginha memang menjadi inti dari kunjungan Paus ke Brasil, yaitu memberikan harapan bagi warga miskin negeri tersebut.

Kawasan kumuh yang dihuni ribuan orang itu terletak di sisi utara Rio yang disebut penduduk setempat sebagai kawasan "Jalur Gaza".

Nama "Jalur Gaza" itu diberikan karena kawasan kumuh Brasil kerap dilanda aksi kekerasan dan baku tembak antara para pengedar obat bius dan polisi.

Paus pertama asal Amerika Selatan itu direncanakan bertemu sejumlah keluarga dan memberkati altar gereja kecil Sao Jeromino Emiliani sebelum menggelar misa untuk 30.000 orang di sebuah stadion sepak bola di dekat permukiman kumuh itu.

Varginha adalah satu dari puluhan permukiman kumuh di Rio tempat polisi akan berupaya keras membasmi peredaran obat bius dan mengendalikan kawasan tersebut untuk mengamankan perhelatan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Sejumlah pejabat Vatikan mengatakan, Brasil dipilih menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus adalah untuk merevitalisasi gereja Katolik yang tengah terdesak perkembangan gereja Protestan Evangelis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.